Selasa, 12 Februari 2013

tips untuk berhemat


Sebagian besar orang mungkin beranggapan bahwa berhemat adalah cara yang paling mudah agar kondisi keuangan kita selalu sehat. Tapi, bagaimana cara berhemat yang paling efektif? Suze Orman, seorang penasihat keuangan, memberikan kiat praktisnya berikut ini.
  • Jangan belanja yang tak perlu. Nasehat klasik ini sepertinya berlaku sepanjang masa. Suze mencontohkan, godaan diskon yang sering muncul kerap kali “menelan” uang kita tanpa disadari.
  • Pilih kartu kredit dengan bunga terendah. Banyak kebutuhan yang bisa dibayar dengan kartu kredit. Agar penggunaannya semakin maksimal, carilah kartu kredit dengan bunga atau beban paling ringan atau bahkan cicilan bunga nol persen.
  • Pilih asuransi berbiaya hemat namun tetap memiliki perlindungan yang maksimal. Banyak program asuransi yang menawarkan berbagai kelebihan. Carilah yang paling sesuai dengan kemampuan keuangan anda, namun tetap bisa memberikan perlindungan maksimal.
  • Usahakan berhemat sedikit demi sedikit, karena kebiasaan ini lama kelamaan bisa membantu keuangan anda secara nyata. Contohnya, menghemat pemakaian listrik atau menghemat biaya telepon dengan memaksimalkan email atau SMS.
  • Cari pinjaman yang meringankan. Kadang, kita tak pernah bisa lepas dari hutang karena terpaksa. Carilah utang yang paling ringan, misalnya utang ke keluarga atau relasi terdekat yang tak membebani anda dengan bunga.
Pada intinya, agar keuangan selalu sehat, maksimalkan penggunaannya dengan bijak. Jangan sampai besar pasak daripada tiang.

Sumber : http://www.cigna.co.id/id/html/customer_care/tips_and_advices/financial_related_financial_healthy.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar