Sabtu, 16 Februari 2013

menjaga ingatan agar tidak mudah lupaa

 
Lupa adalah hal yang paling menjengkelkan, karena lupa, kita sering mendapat masalah, gagal mendapat sesuatu, dan sebagainya. Tidak ingat dimana menaruh kacamata atau lupa nama teman kuliah yang barusan Anda ajak bicara? Hal seperti itu memang sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Untuk membantu Anda menghafal, ada baiknya melakukan latihan otak.
Melupakan sesuatu hal menandakan bahwa Anda terlalu sibuk memfokuskan pada hal lain. Ketika seseorang tidak menaruh perhatian yang baik untuk sesuatu, memori yang terbentuk dalam otak pun tidak akan jelas sehingga ia akan kesulitan mengeluarkan memori itu lagi, dari situlah kita lupa.
Tetapi, ada beberapa tips agar kita tidak mudah lupa

  • Biasakan menaruh sesuatu pada tempatnya
Kita tentu sering lupa menaruh suatu barang seperti kunci, HP, pulpen atau sebagainya. Kadang kita suka pusing karena mencari-cari benda tersebut tetapi tidak ketemu-ketemu. Maka dari itu, mulailah membiasakan diri menaruh barang pada tempatnya, jika kita telah terbiasa, benda tersebutpun akan jarang lupa kita taruh lagi karena kita telah mengetahui tempat biasa kita menaruhnya.
  • Fokuslah dengan apa yang kita lakukan
Kita jangan suka memikirkan hal lain, karena dengan memikirkan hal lain, kita jadi lupa akan apa yang sedang kita lakukan. Maka dari itu, janganlah terlalu memikirkan hal lain, kita harus lebih focus dengan apa yang sedang kita lakukan.
  • Ingatkan otak Anda ketika menaruh sesuatu di suatu tempat
Jika kita sedang ingin menaruh atau menyimpan sesuatu, ingatlah dengan baik, karena dengan mengingat baik, kita akan mudah saat mencrinya nanti. Dan kita juga harus membuat catatan kecil jika penyakit lupa kita terlalu parah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar